ANALISA EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANTARA METODE IN-CLASS DENGAN METODE SELF LEARNING DENGAN MEDIA KOMPUTER

Main Author: Ari, Setyorini
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/12788/1/52%20-%20PSI%20-%20Ari%20Setyorini%20-%20OK-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/12788/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah ingin menjawab bagaimanakah tingkat efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris antara metode in-class dengan metode self learning dengan menggunakan alat bantu computer pada staff pendukung operasional pada sekolah internasional X. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan membandingkan skor akhir hasil pembelajaran dan menganalisa berapa yang mengalami peningkatan kemampuan Bahasa Inggris. Dikarenakan masih adanya kesenjangan dalam hal kemampuan bahasa Inggris bagi para staff pendukung operasional, maka dilakukanlah program pelatihan yang dilakukan di dalam kelas dengan instruktur sebagai pembimbing dan guru pada proses pembelajaran tersebut. Dan dikarenakan kesibukan dan perubahan jadwal kerja shift yang berbeda-beda, maka untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah program pembelajaran secara mandiri dengan menggunakan computer. Adapun peserta yang mengalami peningkatan nilai adalah satu orang atau 6.67%. dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa program pelatihan dalam kelas dengan bimbingan instruktur lebih efektif dan berhasil memberikan kemampuan yang lebih baik daripada program pembelajaran mandiri dengan bantuan computer. Hal-hal yang mempengaruhi antara lain adalah motivasi belajar, yang dilihat dari frekuensi jumlah kehadiran di laboratoriun yang rendah (rata-rata 93.33% jumlah kehadiran dibawah jumlah kehadiran yang dipersyaratkan), untuk peserta dengan tingkat pendidikan menengah dan bahkan rendah tampaknya tidak efektif apabila dilakukan program belajar mandiri, dan media computer tidak bisa menggantikan fungsi seorang pembimbing atau pengajar.