IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI EKOLOGIS PESERTA DIDIK

Main Authors: Desfandi, Mirza, Maryani, Enok
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/7989
https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/7989/4363
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik. Untuk maksud tersebut, penulis menggunakan metode survey yang dilaksanakan pada sepuluh sekolah yang telah mengikuti Program Adiwiyata di Kota Banda Aceh melalui analisis Korelasi Kendall’s Tau. Hasil uji korelasi antara variabel kebijakan sekolah berwawasan lingkungan dengan variabel literasi ekologis, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,660 (R2 = 0,435) pada taraf signifikan (probabilitas) 0,010. Didasarkan kriteria yang digunakan, maka signifikansi hitung sebesar 0,010 < 0,05; maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik. Besarnya pengaruh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik adalah (0,660)2 = 43,5 %. Artinya sebesar 43,5 % literasi ekologis peserta didik dipengaruhi oleh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, sisanya 56,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. Karena itu berdasarkan hasil analisis dan pengujian ini, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan temuan penelitian ini maka kebijakan sekolah berupa visi, misi dan tujuan sekolah sangat penting untuk disosialisasikan secara masif agar visi, misi dan tujuan sekolah dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh warga sekolah.