PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Manajemen di SMA Negeri 1 Cikarang Utara)

Main Author: Sitorus, Jessy Safitri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/7129
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/7129/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery dan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. metode pembelajaran guided discovery menekankan pada mengkontruksi pengetahuan melalui penemuan sedangkan metode problem solving menekankan pada mengkontruksi pengetahuan pembelajaran melalui pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperiman dengan desain penelitian nonequivalent control group design . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Cikarang Utara dan sampel sebanyak 93 Orang. Analisis data menggunakan SPSS versi 21 dengan pengujian hipotesis melalui statistik parametrik, uji perbedaan rata-tata (paired sample t-test) dan Analysis of variance. Hasil penelitian yang diperoleh pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 3. Pengaruh metode problem solving berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 4. pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.