UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)
Main Authors: | Damayani Hutahaean, Lely Grace, Sutawidjaja, Akbar, Susanto, Hery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Graduate School of Universitas Negeri Malang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6205 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6205/2640 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to describe Think Pair Share (TPS) learning, which can improve students' ability in mathematic story problems probability material. According to the purpose of the research, the type of the research is descriptive qualitative. The subjects of the research is 30 students of SMK Telkom Malang. The learning phases in this research is (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Student’s ability to solve story problems include (1) understanding the problem, (2) change the problem to mathematic model form, (3) making solution, (4) write the final answer accurately. The results of the research is the level of students have the ability to solve mathematic story problem at probability material is 80%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi peluang.Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa SMK Malang dengan banyak siswa 30 orang. Tahap pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita meliputi (1) memahami soal, (2) mengubah soal ke bentuk model matematika, (3) membuat penyelesaian, (4) menulis jawaban akhir dengan tepat. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Peluang adalah sebesar 80%.