KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS, HUBUNGAN TEMAN SEBAYA (PEER RELATIONSHIPS), DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR

Main Authors: Pranandari, Ika Widya, Sudana Degeng, I Nyoman, Hanurawan, Fattah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Graduate School of Universitas Negeri Malang , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6176
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6176/2617
Daftar Isi:
  • In lessons, students perceptions about classroom management and peer relationships are things that affect student achievement. The purpose of research to examine the correlation between students perceptions about classroom management, peer relationships and student grade 4 achievement in SDN District of Sananwetan Kota Blitar. Data were collected using questionnaires and documentation of 251 students, were analyzed by using multiple regression analysis. Based on data analysis, shows that student learning outcomes correlated with students perceptions about classroom management and peer relationships.Dalam pembelajaran, persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya (peer relationships) merupakan hal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk menguji korelasi antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, hubungan teman sebaya dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan di Kota Blitar. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi dari 251 siswa, dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berkorelasi dengan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya.