Pengembangan Permainan Domikado sebagai Teknik Konseling KIPAS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar
Main Authors: | Putri, Suci Nora Julina, AT, Andi Mappiare-, Radjah, Carolina Ligya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Graduate School of Universitas Negeri Malang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14964 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14964/6504 |
Daftar Isi:
- Abstract: The social skills of elementary school students are currently experiencing problems. Information is obtained based on a need assessment, showing that students have difficulties in social relations in their relationships. Students who experience difficulties in their social life certainly need activities to improve them, one of which is playing. Because playing is an activity that can create social action between individuals, social skills that elementary school students must possess can be categorized into 3, namely interaction, cooperation, and adapting in the association. In this study, the game of domikado was developed as a technique of KIPAS counseling to improve students' social skills in elementary schools. KIPAS counseling is cultural-based counseling that also maps traditional games as a technique that can help overcome student problems. The results of the assessments of learning media experts, guidance counselors, and prospective users show that this game has high validity with a validator index of 1 or excellent acceptance.Abstrak: Keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada saat ini mengalami permasalahan. Informasi diperoleh berdasarkan need assessment yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam hubungan sosial dalam pergaulanya. Siswa yang mengalami kesulitan dalam hidup sosialnya tentunya membutuhkan adanya kegiatan sebagai penunjang dalam meningkatkannya, salah satunya yaitu dengan bermain. Karena bermain merupakan kegiatan yang mampu menciptakan tindakan sosial antar individu. Keterampilan sosial yang harus dimiliki siswa sekolah dasar dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu interaksi, bekerjasama, dan menyesuaikan diri dalam pergaulan. Pada penelitian ini, dikembangkan permainan domikado sebagai teknik dari konseling KIPAS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Konseling KIPAS merupakan suatu konseling yang berbasis budaya yang didalamnya juga memetakan permainan-permainan tradisional sebagai teknik yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan siswa. Hasil dari penilaian dari ahli media pembelajaran, ahli BK dan calon pengguna menunjukkan bahwa permainan ini memiliki validitas tinggi dengan indeks validator pertama atau keberterimaan sangat baik.