PAMFLET DOMPET DHUAFA SINGGALANG TINJAUAN SEMIOTIKA

Main Author: Giva, Putri Maryesya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/9212/1/201412261337th_skripsi%20giva%20putri%20maryesya-sastra%20indonesia%202009.pdf
http://scholar.unand.ac.id/9212/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan pamflet sebagai media promosi kegiatan yang tidak lagi terpaku pada lembaran-lembaran kertas yang ditempel di papan pengumuman. Penyebarannya sudah merambah media sosial karena lebih efektif dan hemat biaya. Sebagai media promosi, penggunaan pamflet saat ini terlihat lebih variatif dengan beragam tampilan yang semakin menarik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tanda yang terdapat pada pamflet Dompet Dhuafa Singgalang, 2) menjelaskan makna yang terdapat pada pamflet Dompet Dhuafa Singgalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis data pada penelitian ini akan menggunakan teori semiotik Pierce untuk menganalisis tanda yang terdapat pada pamflet Dompet Dhuafa Singgalang. Melalui hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pada pamflet Dompet Dhuafa Singgalang ada beberapa tanda yang dipakai untuk menyampaikan suatu informasi atau keterangan kepada pembaca. Tanda-tanda tersebut ada yang termasuk ke dalam bahasa verbal berupa kata-kata, dan nonverbal berupa gambar-gambar. Pamflet Dompet Dhuafa Singgalang menjadi sarana himbauan kepada masyarakat untuk memberikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tujuan membantu berbagai permasalahan kemiskinan yang ada di masyarakat.