ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN DOKTER KELUARGA KOTA PADANG DENGAN PENDEKATAN PROMOTION-MIX DI PT. ASKES (PERSERO) CABANG PADANG TAHUN 2012

Main Author: MUHAMAD, IRVAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/9032/1/1970.pdf
http://scholar.unand.ac.id/9032/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dari studi pendahuluan dengan sepuluh orang peserta Askes disimpulkan bahwa 8 orang (80%) mengetahui dokter keluarga, 3 orang (30%) mendapatkan informasi mengenai dokter keluarga melalui promosi dari kerabat atau teman terdekat, dan 9 orang (90%) menyatakan promosi program dokter keluarga penting dilakukan oleh PT. Askes (Persero). Salah satu langkah untuk menghadapi tantangan program dokter keluarga tersebut dengan melakukan kegiatan pemasaran menggunakan pendekatan promotion-mix. Pendekatan promotion-mix menggabungkan strategi pemasaran yang paling baik dari variabel-variabel periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), kehumasan (public relation), penjualan secara pribadi (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), publisitas (publisity), dan promosi dari mulut ke mulut (world of mouth), yang seluruhnya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.10 PT. Askes (Persero) Cabang Padang telah melakukan sebagian promotion-mix tetapi belum menetapkannya ke dalam suatu peraturan baku pada dokter keluarga. Penerapan pendekatan promotion-mix pada pemasaran program dokter keluarga diharapkan bisa menarik minat peserta Askes untuk lebih memanfaatkan pelayanan RJTP oleh dokter keluarga di Kota Padang dan terjadi perluasan jaringan dokter keluarga di Kota Padang oleh PT. Askes (Persero) Cabang Padang. Untuk itulah, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Manajemen Pemasaran Dokter Keluarga dengan Pendekatan Promotion-mix di PT. Askes (Persero) Cabang Padang.