TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM)TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA PADANG PANJANG

Main Author: GIAN, FAJRI SETYAWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/9011/1/201409041037th_gian%20fajri_skripsi.pdf
http://scholar.unand.ac.id/9011/
Daftar Isi:
  • Konsumen merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang tidak terlepas dari hukum dalam kehidupan yang semakin berkembang ini, keterbatasan pengetahuan konsumen mengenai kewajaran mutu dan harga barang atau jasa selama ini telah menempatkan posisi konsumen sebagai mangsa produsen/pelaku usaha. Keadaan ini diperparah lagi dengan sikap tak mau tahu pelaku usaha/produsen dalam menanggapi keluhan konsumen terhadap jasa monopoli seperti telepon, air minum, listrik, dan lain sebagainya. Dalam keadaan demikian konsumen tidak memiliki kekuatan yang berarti. Untuk meningkatkan harkat dan martabat konsumen perlu ditingkatkan pula kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya sendiri serta menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggung jawab sehingga pemerintah berusaha mengatasi permasalahan perlindungan konsumen ini dengan menerbitkan Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen untuk selanjutnya disebut UU Perlindungan Konsumen.