“ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA USAHA RITEL BAHAN BANGUNAN DI KOTA PADANG ”(Studi Kasus Pada Toko Nita Jaya)
Main Author: | MUHAMMAD, DANIEL KURNIAWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/8934/1/201412171059th_skripsi%20m%20daniel%20k.pdf http://scholar.unand.ac.id/8934/ |
Daftar Isi:
- Proses globalisasi ekonomi semakin meningkat, perusahaan-perusahaan Indonesia pun memasuki lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Salah satunya ditandai dengan masuk dan berkembangnya industri ritel modern atau besar. Menurut Soliha (2008), ritel merupakan mata rantai yang penting dalam proses distribusi barang dan merupakan mata rantai terakhir dalam suatu proses distribusi. Melalui ritel, suatu produk dapat bertemu langsung dengan penggunanya. Industri ritel di sini didefinisikan sebagai industri yang menjual produk dan jasa pelayanan yang telah diberi nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan pribadi, keluarga, kelompok, atau pemakai akhir. Produk yang dijual kebanyakan adalah pemenuhan dari kebutuhan rumah tangga termasuk sembilan bahan pokok. Industri ritel di Indonesia memberikan kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Sebagai negara yang membangun, angka pertumbuhan industri ritel Indonesia dipengaruhi oleh kekuatan daya beli masyarakat, pertambahan jumlah penduduk, dan juga adanya kebutuhan masyarakat akan pemenuhan produk konsumsi (Soliha, 2008).