ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI PADI TANAM SEBATANG OLEH PESERTA SEKOLAH LAPANG PADI TANAM SEBATANG (SL-PTS) (Studi Kasus Kelompok Tani Usaha Bersama Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam)
Main Author: | Indra, Wahyudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/8009/1/abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/8009/2/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/8009/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20yudi.pdf http://scholar.unand.ac.id/8009/4/BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN%20yudi.pdf http://scholar.unand.ac.id/8009/5/skripsi%20full%20yudi.pdf http://scholar.unand.ac.id/8009/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sekolah lapang padi tanam sebatang sekaligus menganalisis penerapan teknologi padi tanam sebatang oleh petani peserta sekolah lapang pada kelompok tani Usaha Bersama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Responden dari penelitian ini adalah semua anggota kelompok tani Usaha Bersama yang telah selesai mengikuti kegiatan SL-PTS. Sementara Analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Penerapan teknologi padi tanam sebatang secara umum tergolong sedang. Pelaksanaan Sekolah Lapang Padi Tanam Sebatang oleh kelompok tani Usaha Bersama ada 5 yang tidak terlaksana sesuai dengan materi yang ada pada juknis. Penerapan Teknologi Padi Tanam Sebatang, pada tahap pemupukan tergolong rendah karena kesulitan dan mahalnya biaya yang harus di keluarkan oleh petani dalam penerapannya. Pada tahap pemupukan, diharapkan petani bisa melakukan pemupukan sesuai apa yang didapat waktu sekolah lapang, dan membuat pupuk tersebut secara bersama-sama. Kata kunci: Teknologi Padi Tanam Sebatang, Sekolah Lapang