HUBUNGAN BUDAYA TANGGAP PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAWAHLUNTO

Main Author: DESY, MERILLA ERIZON
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/797/1/THESIS%20LENGKAP%20%28PUSTAKA%20PUSAT%29%20-%20Copy.pdf
http://scholar.unand.ac.id/797/
Daftar Isi:
  • Organisasi yang berupaya menciptakan budaya yang tanggap terhadap pasien akan menciptakan kepuasan pesien. Tujuan penelitian mengetahui hubungan budaya tanggap perawatdengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 88 responden. Hasil penelitian didapatkan persepsi kepuasan pasien 40,9%. Ada hubungan antara budaya tanggap perawat dengan kepuasan pasien yang meliputi: keramahan, keterampilan mendengar yang baik dan kejelasan peran perawat (p < 0,05),sedangkan fleksibel pada prosedur dan kemampuan mengambil keputusan tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien (p>0,05). Variabel yang paling berhubungan dengan kepuasan pasien adalah keramahan perawat. Saran bagi manajemen rumah sakit perlunya sosialisasi budaya tanggap terhadap pasien bagi seluruh perawat. 8 Kata Kunci: Budaya Tanggap Perawat Dan Kepuasan Pasien