HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD PARIAMAN SUMATERA BARAT TAHUN 2013
Main Author: | SYAMSUL, MARKHENDRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/7858/1/201404241144th_skripsi%20syamsul%20markhendri%202.pdf.pdf http://scholar.unand.ac.id/7858/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien saat berobat tidak hanya dipengaruhi oleh faktor komunikasi saja, tapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kualitas pelayanan, fasilitas, kecepatan dan ketanggapan perawat dalam melakukan tindakan untuk menolong pasien. Sehingganya dengan komunikasi dan penyampaian informasi yang baik dapat menutupi kekurangan tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis hubungan penerapan komunikasi terapeutik terhadap tingkat kepuasan pasien di ruangan Instalasi Gawat Darurat RSUD Pariaman tahun 2013. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional, yang dilakukan di instalasi gawat darurat RSUD Pariaman. Sampel diambil sebanyak 90 responden. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa lebih dari separuh responden menyatakan kurang baik dalam komunikasi terapeutik terhadap responden (52,2%), dan lebih dari separuh responden menyatakan tidak puas dalam pelayanan yang di berikan perawat (72.2%). Hasil statistik antara Hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Pariaman didapat p value = 0.00 < 0.05 terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Pariaman. Kepada perawat IGD hendaknya lebih memperhatikan pemahaman terhadap informasi yang akan diberikan kepada pasien dan memperhatikan komunikasi terapeutik saat berinteraksi dengan memperhatikan tahap-tahap dari komunikasi terapeutik itu sendiri. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Tingkat Kepuasan, Pasien