HUBUNGAN ANTARA PEMENUHAN KEBUTUHAN BERAFILIASI DAN TINGKAT STRES PADA SISWA SMA PROGRAM AKSELERASI DI SMAN 1 PADANG

Main Author: ELSA, WIDYANTI VALINDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/7837/1/201404161106th_elsa%20widyanti%20valinda.pdf
http://scholar.unand.ac.id/7837/
Daftar Isi:
  • Akselerasi memiliki arti pemberian perlakuan apapun yang memungkinkan bagi siswa yang cerdas dan berbakat untuk menyelesaikan sekolahnya secara cepat sesuai dengan tingkat kemampuan dan kematangannya. Siswa Program Akselerasi di SMAN 1 Padang menghadapi berbagai tuntutan selama mengikuti Program Akselerasi seperti banyaknya tugas, materi pelajaran yang padat dan les tambahan di luar sekolah sehingga membuat siswa Program Akselerasi mengalami ketegangan yang mengarah pada kondisi stres. Salah satu faktor yang dapat mengatasi stres adalah dukungan emosional yang merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan berafiliasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Pemenuhan Kebutuhan Berafiliasi yang menggunakan teori dari Hill yang terdiri dari 4 aspek yaitu stimulasi positif, perhatian, dukungan emosional dan perbandingan sosial yang terdiri dari 35 item (rix = 0,919). Skala Tingkat Stres menggunakan teori Sarafino&Timothy yang terdiri dari aspek fisiologis dan aspek psikologis (aspek emosi, kognitif, dan perilaku sosial) yang terdiri dari 40 item (rix = 0,906). Populasi dalam penelitian ini adalah 48 siswa Program Akselerasi di SMAN 1 Padang, kemudian semuanya diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan berafiliasi berkorelasi secara signifikan terhadap tingkat stres pada siswa SMA Program Akselerasi. Hasil korelasi antara pemenuhan kebutuhan berafiliasi dengan tingkat stres sebesar -3,60. Kata kunci: Pemenuhan Kebutuhan Berafiliasi, Tingkat Stres