AUDITMANAJEMEN ATAS FUNGSI PEMASARAN (STUDI KASUS ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG KOTA PARIAMAN)

Main Author: MARTA, RIRI FRIMADANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/7631/1/2874.pdf
http://scholar.unand.ac.id/7631/
Daftar Isi:
  • Pemasaran adalah kegiatan yang mencakup penilaian kebutuhan konsumen, penelitian pemasaran dan pengenalan pasar sasaran, pengembangan produk, penentuan harga jual, dan distribusi produk yang diarahkan kepada pemuasan kebutuhan keinginan orang atau pihak lain melalui proses pertukaran (Siagian,2001). Menurut Peter Drucker, ahli teori manajemen terkemuka menjelaskan bahwa tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa biasa sesuai dengan kebutuhannya sehingga terjual sendiri. Idealnya pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Dengan demikian yang dibutuhkan hanyalah memastikan produk dan jasa tersedia (Kotler dan lane, 2009). Audit manajemen atas fungsi pemasaran digunakan untuk memeriksa lingkungan, sasaran, strategi, dan aktivitas perusahaan secara lengkap, sistematika, independen dan periodik dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja pemasaran yang efektif dan efesien yang dapat mendukung fungsi-fungsi terkait dalam perusahaan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ony Finata (2013), peneliti melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan pada fungsi pemasaran dengan studi kasus pada CV. Cahaya Harapan Malang. Penelitian tersebut menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, melalui studi pustaka dan studi lapangan berupa wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Penelitian selanjutnya, dilakukan oleh Ayu Dwi Rahmaniyah (2013) mengenai penilaian efektifitas dan efesiensi kinerja pemasaran pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kanwil Surabaya, penelitian dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektifitas dan inefesiensi dalam kegiatan operasional perusahaan, dimana penilaian efektivitas dan efisiensi kinerja tersebut dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes dan effect.Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian serupa hanya saja objek penelitian dilakukan ditempat yang berbeda, dengan judul “Audit Manajemen Atas Fungsi Pemasaran (Studi Kasus Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera 1912 Kantor Cabang Kota Pariaman)”.