HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PROGRAM A
Main Author: | DESI, ARIYANI HSB |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/7269/1/460.pdf http://scholar.unand.ac.id/7269/ |
Daftar Isi:
- Belajar secara sederhana dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitar. Menurut Thursan Hakim (2005), belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan (Djamarah, 2011). Peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku yang diperoleh bukan saja berupa ilmu pengetahuan, tetapi juga kecakapan dan keterampilan. Semuanya bisa diperoleh dibidang mata kuliah tertentu. Kemudian untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah tertentu itu dilaksanakan evaluasi belajar. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa (Gronlund, 1976). Hasil dari evaluasi tersebut dinyatakan sebagai prestasi belajar mahasiswa, dalam bentuk Indeks Prestasi. Menurut Hasbullah (2006), prestasi belajar adalah hasil belajar berupa nilai yang diperoleh oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran (Nopita, 2008).