ANALISIS PEMASARAN KUBIS (Brassica oleracea) DI KENAGARIAN AIE ANGEK KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR
Main Author: | FITRI, DELVIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/6257/1/748.pdf http://scholar.unand.ac.id/6257/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran kubis dan menganalisis margin dan distribusi pemasaran margin kubis di Kenagarian Aie Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2012. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah sampel produsen 30 orang dan pedagang sampel 13 orang yang terdiri dari 2 orang pedagang pengumpul nagari, 3 orang pedagang besar, 2 orang pedagang antar daerah dan 6 orang pedagang pengecer. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh empat pola dalam saluran pemasaran kubis yakni pola I : Petani – Pedagang Pengumpul Nagari – Pedagang Antar Daerah – Pengecer – Konsumen, pola II : Petani - Pedagang Pengumpul Nagari - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen, pola III: Petani- Pedagang Antar Daerah – Pengecer - Konsumen, dan pola ke IV: Petani- Pengecer-Konsumen. Berdasarkan analisis margin pemasaran diperoleh margin pada pola saluran I adalah sebesar 59%, pola saluran II sebesar 39,24%, pola saluran III sebesar 43,72% dan pola saluran IV sebesar 32%. Keuntungan yang diperoleh saluran pemasaran kubis pada pola saluran I sebesar 79,67%, pada pola saluran II sebesar 93,04%, pada pola saluran III sebesar 90% dan pada pola saluran IV sebesar 95,50%. Sehingga dapat disimpulkan analisis margin pemasaran kubis yang paling besar dari keempat saluran terdapat pada pola saluran I sebesar 59%, dengan total keuntungan pada pola saluran I yaitu sebesar 79,67% Disarankan kepada petani untuk lebih meningkatkan pendapatan dengan cara memanfaatkan informasi tentang komoditi kubis baik mengenai harga, permintaan kubis serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pemasaran kubis.