ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK UNTUK MENGGUNAKAN E-FILING (Studi Empiris pada Wajib Pajak Badan Perusahaan Manufaktur di Kota Padang)
Main Author: | ALTAHIDA 8, IRHASH PUTRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/6247/1/757.pdf http://scholar.unand.ac.id/6247/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku wajib pajak untuk menggunakan e-filling (Electronic Filing System) khususnya di Kota Padang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu minat perilaku penggunaan e-filling sedangkan variabel v independennya yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kompleksitas, kesukarelaan, pengalaman, keamanan dan kerahasiaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Respondennya adalah Wajib Pajak Badan yang menggunakan e-filling di kota Padang. Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Models (TAM) yang dipadukan dengan Theory of Reasoned Action (TRA) dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Persepsi Kegunaan berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Perilaku Penggunakan e-filling, (2) Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Perilaku Penggunaan e-filling, (3) Kompleksitas berpengaruh signifikan terhadap Minat Perilaku Penggunaan e-filling, (4) Kesukarelaan berpengaruh signifikan positif terhadap Minat perilaku Penggunaan e-filling, (5) Pengalaman berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Perilaku Penggunaan e-filling, (6) Keamanan dan Kerahasiaan berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Perilaku Penggunaan e-filling. Kata Kunci: Electronic Filing System, Technology Acceptance Models (TAM), Theory of Reasoned Action (TRA), Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kompleksitas, Kesukarelaan, Pengalaman, Keamanan dan Kerahasiaan