PENGARUH EDUKASI TOILET TRAINING TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MELAKUKAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD PERMATA INTAN PADANG

Main Author: Mela, Permata Parya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/6215/1/201501261530th_skripsi%20mela.pdf
http://scholar.unand.ac.id/6215/
Daftar Isi:
  • Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita, karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Suatu tugas yang besar usia balita adalah toilet training, namun faktor kesiapan psikologis sangat berpengaruh pada kesiapan toilet training. Tanggung jawab perawat adalah menolong orang tua guna mengidentifikasikan kesiapan anaknya untuk toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi toilet training terhadap perilaku ibu dalam melakukan toilet training pada anak usia toddler di Paud Permata Intan. Metode penelitian ini menggunakan Pra-Experimental dengan pendekatan One-grup pra-post test design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 15 responden. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mc-Nemar Chi Square Test Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan perilaku ibu sebelum dan sesudah diberikan edukasi toilet training yang mencakup pengetahuan (p value = 0,016), sikap (p value = 0,016) dan tindakan (p value = 0,031). Diharapkan bagi puskesmas agar meningkatkan edukasi tentang perilaku ibu dalam melakukan toilet training, serta bagi ibu-ibu edukasi toilet training sering dilakukan agar perilaku ibu menjadi lebih baik.