THE ILLOCUTIONARY ACTS IN THE SLOGANS OF AIRLINE ADVERTISEMENTS

Main Author: BENNY, MEGAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/6090/1/2146.pdf
http://scholar.unand.ac.id/6090/
Daftar Isi:
  • ditemukan pada beberapa slogan iklan maskapai penerbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk ilokusi yang banyak digunakan pada slogan maskapai penerbangan dan menginterpretasikan fungsinya. Data dikumpulkan dengan mengunduh iklan maskapai penerbangan dari internet. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori tindak ilokusi (illocutionary acts) oleh Searle (1993) dan teori konteks oleh Stalnaker (1972). Hasil analisis data dipresentasikan secara deskriptif. Tujuan penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak ilokusi yang dipakai dalam iklan maskapai penerbangan antara lain adalah: Directive (3 data), Comissive (2 data), Assertive (4 data). Penulis juga menemukan bahwa maksud dari ilokusi yang dipakai dalam iklan-iklan tersebut antara lain adalah untuk: memberitahukan kualitas suatu maskapai penerbangan, menjanjikan peningkatan layanan suatu maskapai penerbangan, mengklaim bahwa jasa maskapai itu memiliki kualitas terbaik, dan mengajak konsumen untuk memakai suatu maskapai. Penulis menyimpulkan bahwa pembuat iklan dengan sengaja menggunakan kata-kata tertentu untuk membuat konsumen tertarik dan akhirnya memilih untuk menggunakan layanan penerbangan maskapai tersebut. Kata Kunci: Tipe-tipe tindak ilokusi dan Konteks.