PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWI SMA DI PESANTREN X
Main Author: | UMMUL, KHAIRAT |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/5886/1/201501260059th_skripsi%20ummul%20khairat%201010351016%20psikologi%20fak%20kedokteran%20unand.pdf http://scholar.unand.ac.id/5886/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menguji Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Menyontek pada Siswi SMA di Pesantren X. Subjek pada penelitian adalah siswi SMA di Pesantren X sebanyak 104 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik yang disusun oleh Solomon dan Rothblum (1984) dan skala perilaku menyontek yang diadaptasi dari skala Hartanto (2010) berdasarkan teori Cizek (1999) dan skala tersebut dimodifikasi oleh peneliti. Skala prokrastinasi akademik memiliki reliabilitas sebesar 0,800 dan skala perilaku menyontek memiliki reliabilitas sebesar 0,921. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Teknik analisa regresi menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,008 (P<0,05) sehingga variabel prokrastinasi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku menyontek. Hasil R2 yang didapat adalah 0,066 yang berarti bahwa besarnya pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi adalah sebesar 6,6% sedangkan sisanya sebanyak 93,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.