PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN RESPON LINGKUNGAN BELANJA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (STUDI PADA KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE DI KOTA PADANG)
Main Author: | NINNA, PRATIWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/5784/1/860.pdf http://scholar.unand.ac.id/5784/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Value dan Respon Lingkungan Belanja Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi pada Konsumen Matahari Department Store di Kota Padang). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner penelitian dengan skala likert dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS.20.0 for windows. Penelitian ini menggunakan 78 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Hedonic shopping value dan variable respon lingkungan belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulse buying pada konsumen Matahari Dept. Store Padang. Berdasarkan uji-t bahwa dari kedua variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi perilaku Impulse buying adalah respon lingkungan belanja (X2) dengan nilai t-hitung 4.432. Analisis koefisien determinasi didapat nilai Adjusted R2 sebesar 68,5% yang berarti variabel terikat yaitu Perilaku Impulse buying dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel bebas yaitu Hedonic Shopping Value dan respon lingkungan belanja. Sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Keywords: hedonic shopping value, respon lingkungan belanja, impulsive buying