HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN LUBUK BUAYA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2015

Main Author: ERVIYANTI, ERVIYANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/4848/1/Abstrak%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/4848/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/4848/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/4848/33/BAB%20VII.pdf
http://scholar.unand.ac.id/4848/6/SKRIPSI%20PDF.pdf
http://scholar.unand.ac.id/4848/
Daftar Isi:
  • Periode keemasan sekaligus periode kritis dari seorang anak yaitu padalima tahun pertama kehidupannya. Penilaian perkembangan penting dilakukan pada masa ini, agar gangguanperkembangan yang terdeteksi, dapat segeradiintervensi,sehingga tumbuh kembang anak kembali normal atau penyimpangan perkembangannya tidak semakin berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan atau pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 36-72 bulan, diambil dengantehnikproportional random sampling, dan jumlah sampel adalah 160 anak. Pengukuran status gizi dengan antropometri dan dikategorikan berdasarkan z-score dan data perkembangan diperoleh dengan menggunakan Kuesioner Pre SkreeningPerkembangan (KPSP). Dari hasil ujipearson Chi-squre dengan tabel 3x2,menunjukan adanya hubungan antara status gizi dengan perkembangan dengan nilai pv0,000. Diharapkan adanya kolaborasi antara tenaga kesehatan dalam melakukan deteksi dini perkembangan dan tenaga pendidik dalam melakukan intervensi dan stimulasi tumbuh kembang terutama pada anak yang terindikasi mengalami gangguan perkembangan. Kata Kunci : Anak Prasekolah, Status Gizi, Perkembangan Daftar Pustaka : 27 (2002-2015)