STRATEGI KOMUNIKASI PROMOSI DAN PEMASARAN TVRI SUMBAR (Studi Deskriptif Pengiklan TVRI Sumbar)

Main Author: Ismul, Hamdi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/428/1/201507272217th_ismul%20hamdi%20nur%201010862008.pdf
http://scholar.unand.ac.id/428/
Daftar Isi:
  • Persaingan dalam industri media televisi tidak hanya terjadi pada stasiun televisi nasional, namun juga pada stasiun televisi lokal. Pada saat sekarang ini di Padang ada beberapa stasiun televisi lokal seperti, Padang TV, Net Padang, Minang TV dan TVRI Sumbar. TVRI Sumbar adalah stasiun televisi daerah yang didirikan oleh Televisi Republik Indonesia untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat. Seperti juga stasiun penyiaran TVRI daerah yang lain, TVRI Sumbar pun melalui satuan kerja Pemasaran dan Program mulai melakukan berbagai upaya untuk menjaring perusahaan-perusahan untuk mengiklankan produk dan jasanya melalui TVRI Sumbar.Satuan kerja ini berada dibawah program dan pengembangan usaha. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi promosi dan pemasaran yang dilakukan TVRI Sumbar. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme. Untuk membahas hal tersebut, peneliti memakai teori bauran promosi (promotion mix) untuk membahas strategi komunikasi promosi dan pemasaran yang digunakan oleh TVRI Sumbar. Hasil penelitian menunjukan bahwa TVRI Sumbar telah menerapkan strategi promosi yang digolongkan dalam strategi bauran promosi. Bauran promosi yang telah diterapkan oleh TVRI Sumbar dalam mempromosikan jasa pemasangan iklan adalah membentuk tim AE (Account Excecutive) dibawah kasubag seksi pengembangan dan usaha, diberi tugas oleh kasubag seksi pengembangan dan usaha untuk melakukan strategi komunikasi promosi dan pemasaran dengan bauran promosi seperti PR, adversting, dan personal selling Kata kunci : TVRI Sumbar, Komunikasi promosi dan pemasaran, pengiklan