FENOMENA TREND FOTO SELFIE (SELF PHOTOGRAPHY) EKSTREM PADA PECINTA ROOFTOPPING DI KOTA JAKARTA

Main Author: MILA, FADHILAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/3964/1/1389.pdf
http://scholar.unand.ac.id/3964/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini peneliti melihat pada fenomena trend foto selfie ekstrem. Kebanyakan orang-orang saat ini melakukan foto selfie hanya ditempat yang dianggap mainstream, seperti di cafe, tempat rekreaksi, mall dan tempat lainnya. Menyebarnya foto-foto selfie di media, membuat orang-orang mudah terbawa pengaruh dengan menirukan perilaku artis idolanya saat berfoto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif dan perilaku tindakan pelaku selfie ekstrem dengan rooftopping di Kota Jakarta, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah rooftoppers Indonesia yang dikenal sebagai pelaku foto selfie ekstrem di gedung-gedung tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia, bukan menganalisis angka-angka. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang konstruktivisme, menggunakan pendekatan Fenomenologi yang didasarkan pada Teori Fenomenologi sosial digagas oleh Alfred Schutz Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah pemaknaan motif dan perilaku pada pelaku selfie ekstrem dapat dilihat dari bentuk motif berdasarkan tindakan, yaitu In order motives dan Because motives, kemudian melihat perilaku yang mereka tampilkan. Selain itu pelaku juga dapat memaknai diri mereka sendiri sebagai pelaku selfie ekstrem. Kata Kunci : Fenomena, New media , selfie, motif dan perilaku, selfie ekstrem.