Implicature Found in The Slogan ofTop 5 Tyre Company Advertisements in Indonesia
Main Author: | Zulfikar, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/38603/1/COVER%20ABSTRACT.pdf http://scholar.unand.ac.id/38603/6/CHAPTER%201.pdf http://scholar.unand.ac.id/38603/3/CHAPTER%204.pdf http://scholar.unand.ac.id/38603/4/BIBLIOGRAPHI.pdf http://scholar.unand.ac.id/38603/5/THESIS%20FULL.pdf http://scholar.unand.ac.id/38603/ |
Daftar Isi:
- Dengan mengaplikasikan methoda analisis deskriptif, analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi dari prinsip koperatif Gricean serta mengobservasi empat maxim yang terdapat pada iklan ban berbahasa inggris pada perusahaan ternama diindonesia. Iklan yang dianalisis adalah 10 iklan dari 5 perusahaan ban mobil terlaris di Indonesia. Tujuan penelitian ini juga untuk memahami makna yang sesungguhnya maupun yang tersirat yang disampaikan oleh advertiser dengan menganalisa pripsip maksim yang terjadi pada iklan tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengunduh 10 iklan yang mengandung gambar dan slogan di website resmi dengan merek yang berbeda dan terdaftar sebagai 5 merek terlaris diindonesi dengan penjualan melalui cara pengiklanan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi non-partisipan, dengan metoda simak dengan teknik lihat dan catat. Data kemudian dianalisis menggunakan teori padan pragmatic (Sudaryanto, 1993). Adapun teori yang digunakan sebagai landasan analisis adalah pripsis kerjasama yang dikemukakan oleh Grice (1975) sebagai referensi konteks. Dari 10 merek ini ditemukan banyak terjadi keselahan maksim baik dari maksim quality, quantity, manner, maupun relevance . Kata kunci: prinsip kerjasama, maxim,iklan, komersial