Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1). struktur pasar yang terbentuk pada pemasaran jagung di Kec. Kinali, Kab. Pasaman Barat, (2).perilaku pasar yang terjadi Kec. Kinali, Kab. Pasaman Barat, 3). kinerja pasar di Kec. Kinali, Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan 3 orang informan kunci untuk mendapatkan gambaran detail mengenai pemasaran jagung di lokasi penelitian. Metode yang digunakan adalah analisis SCP yang meliputi marjin pemasaran, farmer’s share, dan integrasi pasar. Hasil penelitian menunjukkan dalam pemasaran jagung di Kec. Kinali Kab. Pasaman Barat, petani menggunakan tiga saluran pemasaran. Struktur pasar pada berbagai tingkatan cenderung membentuk oligopsoni. Praktek penentuan harga mengarah pada pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition). Pedagang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga yang terjadi di pasar. Distribusi margin pada tiga saluran tidak sama, margin terbesar terdapat pada saluran ketiga yang bukan merupakan saluran terpanjang akan tetapi besarnya margin pada saluran ini karena kualitas jagung yang diperdagangkan merupakan kualitas yang sangat baik.Integrasi pasar vertikal lemah dalam jangka pendek karena perubahan harga hanya sedikit yang diteruskan oleh pedagang sampai ke petani. Sedangkan integrasi pasar vertikal sangat kuat dalam jangka panjang terjadi pada berbagai tingkatan pasar. Kata Kunci : jagung, pemasaran, harga