FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP (IRNA) RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2018
Main Author: | Dini, Novita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/38464/6/Cover%20dan%20abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/38464/7/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/38464/8/BAB%20VII.pdf http://scholar.unand.ac.id/38464/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/38464/5/SKRIPSI%20FIX.pdf http://scholar.unand.ac.id/38464/ |
Daftar Isi:
- Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia belum mencapai Standar Pelayanan Minimal yaitu jika tingkat kepuasan pasien diatas 95%.Perawat dituntut untuk memberikanpelayanan keperawatan yang bermutu agar dapat meningkatkan kepuasan pasien seperti halnya pasien di RSUD dr Rasidin Padang. RSUD dr Rasidin merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan bagi masyarakat di wilayah kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan di instalasi rawat inap (IRNA) RSUD dr Rasidin Padang. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berdasarkan pendekatan Cross Sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 151 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu purpossive sampling. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan juli-agustus 2018. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariate dengan regresi logistik. Hasil penelitian univariat 51%pasien mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan. Fakor bukti fisik (tangibels) dinilai baik oleh pasien sebanyak 60%, keandalan (releability) sebanyak 56,2%, cepat tanggap sebanyak 63,3%, jaminan (assurances) sebanyak 61,8%, dan kepedulian sebanyak 66,7% pasien menilai baik. Ada hubungan bermakna antara bukti fisik, cepat tanggap, jaminan dan kepedulian dengan kepuasan pasien, p value < 0,05. Kepedulian perawat mempunyai pengaruh paling tinggi untuk kepuasan pasien dengan nilai Exp. (B) 4,919. Disarankan kepada perawat untuk lebih meningkatkan kepedulian dalam memenuhi kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan dengan tepat dan profesional. Kata Kunci : Faktor, Karakteristik, Kepuasan Pasien