THE RISE OF LOCAL ANIMATION STARTUP (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Startup Animasi PIAPI)
Main Author: | IVAN, BAYU PRATAMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/37996/1/01_cover_abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/37996/2/02_bab1.pdf http://scholar.unand.ac.id/37996/3/03_bab5.pdf http://scholar.unand.ac.id/37996/4/04_DP.pdf http://scholar.unand.ac.id/37996/5/05_all_in.pdf http://scholar.unand.ac.id/37996/ |
Daftar Isi:
- Piapi Animation merupakan startup animasi lokal pertama yang berlokasi di Kota Padang. Piapi adalah sebuah startup yang unik, karena konsumennya lebih banyak dari luar daerah dibanding konsumen lokal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang di-aplikasikan oleh Piapi Animation dalam menarik pelanggannya. Subjek penelitian adalah Piapi Animation, sebuah startup animasi lokal Kota Padang. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif, yang menggunakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Teori yang dipakai adalah Total Bauran Pemasaran, atau bisa juga disebut sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Piapi Animation memakai : Public Relation, berdasarkan observasi terhadap interaksi yang dilakukan Piapi dengan netizen melalui akun media sosialnya; Advertizing, video teaser yang Piapi buat untuk karya orisinal mereka yang berjudul “Budi”; Public Relation and Publicity, berdasarkan konten-konten yang Piapi unggah ke akun media sosialnya; Corporate Identity, etika kerja Piapi yang membangun relasi yang bagus, kualitas kerja yang bagus, dan kecepatan kerja yang optimal; Word of Mouth, salah satu hasil dari partisipasi Piapi di INAMA Fest 2016. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Startup Animasi, Strategi Komunikasi Pemasaran