Daftar Isi:
  • Komunikasi hyperpersonal digunakan untuk menggambarkan hubungan interpersonal melalui computer mediated communication yang lebih intim dari pada romance atau persahabatan jika pasangan secara fisik bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi hyperpersonal antar pengguna Tinder dalam membangun hubungan romantis. Penelitian ini menggunakan teori Social Information Processing Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan berjumlah enam orang yang merupakan pengguna Tinder dan telah menemukan pasangan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan hubungan yang terjadi didalam penggunaan Tinder melalui tiga tahapan, yaitu tahap kontak, keterlibatan dan keakraban sehingga mencapai hubungan romantis. Tahapan ini dijelaskan dengan karakteristik dalam komunikasi hyperpersonal yaitu sender yang melakukan selective self presentation, receiver yang melakukan overattribution of similarity, channel yang membuat komunikasi tidak berbatas waktu, serta feedback yang diharapkan dalam membentuk hubungan. Kata kunci : komunikasi, hyperpersonal, online dating, tinder, computer mediated communication.