Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis saat ini maju pesat dan perusahaan pun telah memasuki dunia pasar jasa. Beberapa perusahaan yang muncul dengan menampilkan produk jasa yang hampir sama atau sejenis, sehingga membuat suatu perusahaan berlomba-lomba menawarkan pelayanannya yang beragam dan terbaik. Unit perusahaan yang dulunya mampu memberikan pelayanan yang seadanya, kini dituntut mampu memberikan pelayanan yang baik untuk mememenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelayanan sangat berpengaruh kepada kepuasan peserta yang akan menjadi tolak ukur perusahaan untuk lebih meningkatkan pelayanan yang berkualitas, sebagaimana dijelaskan Supranto (2006). Pelayanan merupakan usaha apa saja yang mempertinggi kepuasan pelanggan (Sutomo dan Suryanto, 2003), sedangkan pelayanan menurut Haksever (2002) didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi yang mengahasilkan waktu, tempat, bentuk dan kegunaan psikologis.