Keterkaitan Memorable tourist Experience, Experiential Marketing, dan Tourist Value Terhadap Revisit Intention Pada Perilaku Wisatawan Nusantara di Kota Sawahlunto

Main Author: Rivaldo, Rivaldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/35990/1/COVER%20dan%20ABSTRACK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35990/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35990/3/BAB%20V.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35990/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35990/6/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35990/
Daftar Isi:
  • Saat ini pariwisata sangat gencar dalam melakukan peningkatan dalam pelayanan, sehingga dengan pelayanan yang baik akan menciptakan pengalaman yang mengesankan yang akan menghasilkan pengalaman pengunjung yang baik sehingga akan menciptakan nilai yang dirasakan oleh pengunjung yang akhirnya akan mendorong pengunjung untuk melakukan kunjungan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan memorable tourist experience, experiential marketing, dan tourist value terhadap revisit intention pada objek wisata di kota sawhlunto. Jenis penelitian adalah explanatory research. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 175 wisatawan nusantara yang berkunjung ke objek wisata di kota sawahlunto dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan cakupan waktu cross sectional. Analisis data dengan statistik deskriptif dan pengolahan dengan dengan SEM ( struktural Equation Models ) dengan program smartPLS Version 2.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel memorable tourist experience berpengaruh signifikan terhadap experiential marketing dan tourist value, variabel experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap tourist value, variabel tourist value berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, dan variabel eperiential marketing berpengaruh signifikan terhadap revisit intention. Implikasi dari penelitian ini , Pengelola objek wisata di kota sawahlunto harus berkonsentrasi dalam mengoptimalkan penciptaan memorable tourist experience , experiential marketing, dan tourist value karena faktor tersebut akan sangat berpengaruh kuat terhadap revisit intention. Kata kunci : memorable tourist experience, experiential marketing, tourist value, revisit intention, SEM-PLS