Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, karakteristik pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen susu Ultra High Temperature (UHT) di kota Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 08 Januari sampai 15 Februari 2018. Metode yang digunakan adalah survei dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Square-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden pada umumnya konsumen susu UHT berusia 25 sampai 34 tahun (39 %), berjenis kelamin perempuan (78 %), pendidikan terakhir perguruan tinggi (53 %), pekerjaan sebagai wirausaha (25 %) dan pendapatan tergolong sangat tinggi yaitu >Rp 3.500.000 sampai Rp 8.000.000 (41 %). Karakteristik pembelian pada umumnya merek susu UHT yang dibeli Ultra Milk (37 %), frekuensi mengkonsumsi per minggu 4 sampai 6 kali (68 %), ukuran kemasan sedang (180 sampai 250 mL) 51 (%) dan lama mengkonsumsi >2 tahun (46 %). Keputusan pembelian konsumen susu UHT di kota Padang dipengaruhi secara signifikan oleh faktor sosial dan pribadi. Hal ini dibuktikan dari nilai t statistik untuk variabel sosial sebesar 23,13 dengan nilai p value 0,05 dan untuk variabel pribadi memiliki nilai t statistik sebesar 1,979 dengan nilai p value 0,048. Sedangkan faktor budaya dan psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena memiliki nilai t statistik < 1,96 dan p value > 0,05. Kata Kunci : Karakteristik, Keputusan Pembelian, Konsumen, Susu UHT, SEM- PLS.