FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2018

Main Author: Isna, Rahmi Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/35195/1/COVER%20%2BABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35195/2/BAB%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35195/3/BAB%206.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35195/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35195/5/TUGAS%20AKHIR%20ILMIAH%20UTUH.pdf
http://scholar.unand.ac.id/35195/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian Salah satu masalah yang banyak dikemukakan pengguna SIMRS di RSSN Bukittinggi yaitu merasa kesulitan saat jaringan error atau server mati sehingga semua pekerjaan akan tertunda. Oleh karena itu masih terdapat pengguna yang tidak puas terhadap hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi 5 unit/bagian di RSSN Bukittinggi yang terdiri dari instalasi rawat jalan, rawat inap, farmasi, rekam medik, dan keuangan sebanyak 114 orang dan sampel sebanyak 57 orang dengan teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis data dengan uji chi square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil Analisis univariat didapatkan tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori sedang (59,6%), dimensi isi termasuk kategori tinggi (63,2%), dimensi tampilan termasuk kategori sedang (52,6%), dimensi keakuratan berada pada kategori sedang (61,4%), dimensi ketepatan waktu pada kategori sedang (57,9%), dan dimensi kemudahan penggunaan pada kategori sedang (56,1%). Analisis bivariat diketahui adanya hubungan isi, tampilan, keakuratan, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan dengan p-value=0,000 terhadap kepuasan user SIMRS. Kesimpulan Sebagian besar responden menyatakan dimensi isi, tampilan, keakuratan, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan berada pada kategori sedang. Terdapat hubungan bermakna antara dimensi isi, tampilan, keakuratan, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan dengan kepuasan pengguna SIMRS. Diharapkan pihak Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi untuk dapat terus melakukan pengembangan SIMRS sesuai dengan kebutuhan para pengguna sehingga dapat lebih meningkatkan kepuasan pengguna terhadap SIMRS. Daftar Pustaka : 38 (2001-2017) Kata Kunci : kepuasan pengguna, sistem informasi manajemen rumah sakit, Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi