PERSEPSI MAHASISWA TAHAP AKADEMIK TERHADAP PELAKSANAAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Fauzan, Nashrullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/34897/6/Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/34897/2/BAB%201%20Pendahuluan.pdf
http://scholar.unand.ac.id/34897/3/BAB%207%20Penutup.pdf
http://scholar.unand.ac.id/34897/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/34897/5/Skripsi%20fulltext.pdf
http://scholar.unand.ac.id/34897/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang digunakan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Metode OSCE dapat mengevaluasi kemampuan klinis mahasiswa secara terstruktur, spesifik dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap reliabilitas, validitas dan dampak OSCE terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 285 orang dipilih secara acak dari mahasiswa tahap akademik Pendidikan Dokter Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan kuesioner terstruktur mandiri tentang persepsi reliabilitas, validitas dan dampak pembelajaran OSCE. Hasil penelitian didapatkan mahasiswa berpendapat pelaksanaan OSCE baik. Mahasiswa berpendapat reliabilitas OSCE baik dengan pernyataan terbanyak adalah OSCE dapat menguji pengetahuan dan keterampilan klinik, validitas OSCE baik dengan pernyataan terbanyak adalah soal OSCE sesuai materi keterampilan klinik pada setiap semester, dan dampak OSCE terhadap pembelajaran baik dengan pernyataan terbanyak adalah OSCE mengevaluasi kekurangan mahasiswa, mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga, belajar lebih banyak, bertindak cepat, tepat dan memotivasi mahasiswa lebih sering melakukan praktek klinik. Dari penelitian dapat disimpulkan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan OSCE meliputi reliabilitas, validitas dan dampak pembelajaran baik. Hal ini dipengaruhi oleh penyelenggaraan OSCE, karakteristik penguji dan mahasiswa. Pelaksanaan OSCE akan positif jika OSCE yang dilaksanakan sudah terstandar dengan baik. Kata kunci : OSCE, Pelaksanaan, Reliabilitas, Validitas, Dampak Pembelajaran