Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Padang
Main Author: | Muhammad, Fathurrahman Sjahroel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/34861/1/COVER%20DAN%20ABTRAK.pdf http://scholar.unand.ac.id/34861/2/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/34861/3/BAB%20AKHIR.pdf http://scholar.unand.ac.id/34861/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/34861/5/FULL%20TEXT.pdf http://scholar.unand.ac.id/34861/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan smartphone berkembang seiring berkembangnya teknologi. Perkembangan tersebut membawa perubahan, dari fungsi dasar hingga gaya hidup. Penggunaan yang wajar meningkatkan produktitas, sementara penggunaan yang berlebihan membuat kecanduan dan mempengaruhi banyak hal, salah satunya hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penggunaan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Padang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Padang pada akhir Maret hingga awal April 2018 dengan sampel 158 siswa kelas XI yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel hasil belajar dilihat dari nilai mid semester ganjil TA 2017/2018. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan angka pengguna smartphone lebih banyak pada perempuan (57%) daripada laki-laki (43%). Pemakaian smartphone berdasarkan frekuensi dominan pada rentang 11-20 kali (30,9 %) dan total durasi 3-4 jam (42,4 %) dalam sehari. Interval dari bangun tidur untuk menggunakan smartphone pertama kali <5 menit (41,1 %). Smartphone secara dominan digunakan untuk berkomunikasi, mengirim pesan dan akses media sosial (67,1 %), namun aktivitas yang menghentikan penggunaannya adalah beribadah (42,4 %). Tingkat kecanduan smartphone adalah 42,4 %. Sementara itu, hasil belajar siswa cenderung berada pada kategori cukup (79,1 %). Analisis bivariat memperlihatkan hubungan yang tidak signifikan antara kecanduan smartphone dengan hasil belajar (p=0,26) Kata kunci: hasil belajar, kecanduan smartphone, penggunaan smartphone.