PERLINDUNGAN HUKUM PENGGUNA JASA JUAL-BELI ONLINE MELALUI INTERNET PADA FORUM OLX
Main Author: | Idham, Hadidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/34732/7/cover%20dan%20abstrak%20%28fix%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/34732/6/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/34732/3/BAB%20IV.pdf http://scholar.unand.ac.id/34732/4/Daftar%20pustakka.pdf http://scholar.unand.ac.id/34732/5/skripsi%20full.pdf http://scholar.unand.ac.id/34732/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi dan informasi yang berbasis Internet memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai praktik jual-beli secara langsung namun seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi memberikan dampak positif bagi pelaku usaha untuk melakukan praktik jual-beli secara online tanpa harus betemunya pelaku usaha dengan konsumen menjadi lebih efisien yang disebut dengan Electronic Commerce (E-commerce). E-commerce merupakan bentuk perdagangan secara digital dengan menggunakan Internet. Salah satu E-commerce yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, yaitu OLX. OLX merupakan salah satu iklan baris yang terbesar didunia dengan menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen yang menjual segala produk baik dalam kondisi baru maupun bekas. Maka rumusan masalah yang dibahas adalah bagaimana analisa hukum jual-beli online menurut Undang-undang ITE, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012, dan Surat Edaran Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 5 tahun 2006 dan bagaimana penyelesaian sengketa jual-beli online dalam forum OLX. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dan sifat penelitian adalah deskriptif. Terdapatnya isitilah khusus bagi OLX dan penjual dalam Undang-undang ITE, Peraturan Pemerintah, dan Surat Edaran Menteri. Pihak pembeli dan penjual yang merasa dirugikan haknya dapat mengajukan gugatan ke pengadilan atau penyelesaian sengketa secara non-litigasi. Kata Kunci: Pelaku usaha, Konsumen E-commerce,