FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESELAMATAN PASIEN DI PUSKESMAS PONED PASAR USANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2018
Main Author: | Yani, Agustian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/34147/1/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/34147/3/BAB%206%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/34147/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/34147/5/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf http://scholar.unand.ac.id/34147/6/ABSTRAK%2011.pdf http://scholar.unand.ac.id/34147/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan Patient safety merupakan permasalahan global yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.Permenkes No 11 Tahun 2017 tentang keselamatan pasien, menjadi tonggak utama operasionalisasi keselamatan pasien di puskesmas seluruh Indonesia. Sistem pelayananmerupakan dasar budaya keselamatan Ibu dan Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor apa saja yang berhubungan dengan keselamatan pasien di Puskesmas PONEDPasar Usang Kabupaten Pariaman tahun 2018. Metode Penelitianmenggunakan survei analitikcrosssectional.Popolasi penelitian merupakan seluruh staf yang melakukan pelayanan rutin di Puskesmas Pasar Usang berjumlah 36 0rang, dengan teknik pengambilan sampelyaitu Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Kemudian dilakukan analisisdata univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan 95% CI (α=0,05). Hasil Penelitian Faktor yang berhubungan dengan keselamatan pasien di Puskesmas PONEDPasar Usang Kabupaten Pariaman tahun 2018, Keselamatan pasien kurang baik 50%, Kepemimpinan kurang baik 44,4%,Kebijakan kurang baik 55,6%, Deteksi Insiden kurang baik 38,9%, Mitigasi Kurang baik 55,6%,kepuasan pasien kurang baik 58,3%, komitmen pasien kurang baik 47,2%, Risk Grading kurang baik 50%, RCA dan FMEA kurang baik 58,3%, beban kerja staf kurang baik 50%, komitmen staf kurang baik 50%,audit internal kurang baik 47,2%. Terdapat hubungan antara Kepemimpinan (p=0,003), kebijakan (p=0,019), mitigasi (p=0.003), kepuasan pasien (p=0,007), komitmen pasien (p=0,045), beban kerja staf (p=0,003), komitmen staf (p=0,020), risk grading (p=0,003), RCA dan FMEA (P=0,001), dan audit internal (p=0,0001) dengan keselamatan pasien. Kesimpulan Keselamatan Pasien di puskesmas pasar usang masih kurang baik, Pimpinan lebih peduli dengan pelaksanaan patient Safety di Puskesmas. Daftar Pustaka : 50 (2002-2017) Kata Kunci :Keselamatan Pasien, Kepuasan Pasien, Mitigasi