STUDI PROSES PEMBELAJARAN PUPUK ORGANIK PADA UNIT PENGOLAHAN PUPUK ORGANIK (UPPO) DI KELOMPOK TANI RINTISAN REZKI KECAMATAN PADANG SELATAN
Main Author: | HALIMAHTUN, SYAK'DIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/34072/1/combinepdf%284%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/34072/2/8.%20BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/34072/3/Bab%20V%20KESIMPULAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/34072/4/12.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/34072/5/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf http://scholar.unand.ac.id/34072/ |
Daftar Isi:
- Salah satu isu penting dalam pembangunan pertanian dewasa ini adalah degradasi lahan akibat pemakaian pupuk anorganik yang berlebihan oleh petani. Akibat masalah ini maka penggunaan pupuk organik dapat dijadikan salah satu solusi. Perubahan pemakaian pupuk anorganik menjadi pupuk organik oleh petani memerlukan proses belajar agar dapat menerapkan alat dan teknologi untuk mengolah pupuk organik secara maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Mendeskripsikan komponen pembelajaran kelompok UPPO, (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran petani dalam kelompok UPPO dengan menggunakan model belajar SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive karena Kecamatan Padang Selatan merupakan salah satu kecamatan yang sedang melakukan kegiatan UPPO. Penentuan informan kunci dilakukan dengan metode sensus dipilih 10 orang anggota kelompok UPPO dan 1 orang PPL. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada tujuan pertama disimpulkan bahwa kelompok menerapkan keseluruhan komponen pembelajaran sedangkan hasil dari tujuan kedua, dari empat siklus model hanya tiga yang diterapkan oleh kelompok UPPO Rintisan Rezki antara lain proses sosialisasi, proses kombinasi dan proses internalisasi. Saran untuk anggota kelompok agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari pembelajaran kelompok yang didapatkan dengan berbagi pengalaman masing-masing individu didalam kelompok. Kata kunci: proses belajar, model SECI, UPPO