Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mempertahankan dan meningkatkan skala usaha kopi bubuk Minang Super dalam mengatasi persaingan usaha yang semakin meningkat, maka perlu dilakukan perumusan strategi pengembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan profil usaha kopi bubuk Minang Super di Nagari Koto Tuo, (2) merumuskan strategi yang dapat dilakukan dalam pengembangan usaha kopi bubuk Minang Super di Nagari Koto Tuo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data yang digunakan pada tahap input adalah analisis matiks IFE dan matriks EFE, pada tahap pencocokan menggunakan analisis matriks SWOT, dan pada tahap keputusan menggunakan analisis matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini diperoleh empat strategi diantaranya: (1) meningkatkan skala usaha melalui peningkatan produksi dan pemasaran produk, (2) aktif dalam mengikuti pameran, (3) meningkatkan kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas produk, (4) melakukan pengembangan pasar dan inovasi produk. Adapun saran yang diberikan untuk pengembangan usaha kopi bubuk Minang Super adalah melakukan pengembangan pasar agar mampu meningkatkan penjualan usaha. Disamping itu, di sarankan usaha kopi bubuk Minang Super untuk melakukan pencatatan usaha, baik pencatatan keuangan usaha maupun catatan produksi dan persediaan produk yang ada pada usaha tersebut, dan memperbaharui teknologi yang ada dengan teknologi yang lebih maju. Kata Kunci: Usaha Kopi bubuk Minang Super, Pengembangan, Strategi