PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MELALUI "INSTAGRAM" TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SADARI PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS

Main Author: Hayatul, Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/33870/1/COVER%20%2B%20ABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33870/2/BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33870/3/BAB%206%20PENUTUP.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33870/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33870/5/TUGAS%20AKHIR%20ILMIAH%20UTUH.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33870/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan Angka kejadian kanker payudara di Kota Padang pada tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 73% yaitu terdapat 252 kasus lama dan 186 kasus baru. Oleh karena itu untuk menekan angka kejadian kanker payudara diperlukan upaya preventif melalui deteksi dini dengan SADARI. Upaya pelaksanaan SADARI dapat dilakukan melalui promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap. Instagram sebagai salah satu media informasi yang banyak digunakan saat ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh promosi kesehatan melalui media sosial instagram terhadap pengetahuan dan sikap SADARI pada mahasiswi FKM Unand. Metode Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Penelitian dilakukan di FKM Unand dari bulan Maret-April 2018. Sampel terdiri dari 50 orang mahasiswi, menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian dari 50 responden diketahui bahwa hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan sikap yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan menggunakan media sosial instagram. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan dan sikap pada mahasiswi FKM Unand. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan dan peneliti selanjutnya agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi kesehatan dan adanya pengembangan media promosi kesehatan lainnya yang lebih efektif daan efisien . Dafar Pustaka : 39 (1997-2017) Kata Kunci : Promosi Kesehatan, Instagram, Pengetahuan, Sikap, SADARI