ANALISIS RANTAI NILAI SUSU SEGAR PADA USAHA SAPI PERAH KELOMPOK TANI TALAGO SAKATO (Studi Kasus:Di Korong Padang Mantuang Nagari Kayu Tanam Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman)
Main Author: | yulisa, fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/33860/1/COVER%2C%20ABSTRAK.pdf http://scholar.unand.ac.id/33860/2/BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/33860/3/KESIMPULAN%20SARAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/33860/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/33860/5/COVER.pdf http://scholar.unand.ac.id/33860/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi struktur rantai pasok susu sapi perah Kelompok Tani Talago Sakato, menganalisis aktivitas rantai nilai pengolah susu Kelompok Wanita Tani Talago Susu (KWT), menghitung margin pemasaran, distribusi margin, farmer’s share yang diperoleh dari masing-masing pelaku Kelompok Tani Talago Sakato. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus terhadap rantai nilai susu sapi perah Kelompok Tani Talago Sakato. Hasil penelitian menunjukan pola aliran rantai pasok susu sapi perah Kelompok Tani Talago Sakato di mulai dari peternakan sapi perah hingga ke konsumen. Anggota rantai pasok susu sapi perah terdiri dari Kelompok Tani Talago Sakato, Kelompok Wanita Tani Talago Susu (KWT), pengecer produk olahan susu dan Kafe Kefir Padang Panjang. Rantai nilai pengolahan susu sapi perah Kelompok Wanita Tani Talago Susu sudah cukup melihat dari ketersedianya infrastruktur, bahan baku, namun kemampuan Sumber Daya Manusia, teknologi dan sistem kendali mutu susu perlu di tingkatkan. Margin pemasaran yang diperoleh pada rantai pasok saluran I Kelompok Wanita Tani Talago Susu Rp.14000/liter, pada pengecer Rp.2000/liter dan Keuntungan yang diperoleh Kelompok Wanita Tani Talago Susu Rp.13259,78/liter. Margin Pemasaran Saluran II Kafe Kefir Padang Panjang Rp. 20000/liter dan keuntungan nya adalah Rp.17000/liter. Farmer’s share yang diperoleh peternak pada saluran I lebih besar dari pada saluran II yaitu 32%. Kata Kunci: Rantai Nilai, Susu Sapi Perah, rantai Pasok, Margin Pemasaran