PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE TELL SHOW DO BERBASIS PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENYIKAT GIGI ANAK SLOW LEARNER DI SDS AL-AZHAR BUKITTINGGI

Main Author: Ghina, Ukhtia Fajrani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/33532/1/COVER%20DAN%20ABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33532/2/BAB%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33532/3/BAB%207.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33532/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33532/5/FULL%20TEXT%20SCRIPT.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33532/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Anak slow learner merupakan anak berkebutuhan khusus dengan populasi terbanyak di Indonesia dan 80,64% diantaranya memiliki kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Salah satu penyebab hal tersebut adalah karena kurangnya pemahaman tentang perilaku menyikat gigi yang benar disebabkan oleh pemberian metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Metode pembelajaran yang mampu melayani anak slow learner dibutuhkan untuk membentuk perilaku menyikat gigi yang benar. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Tell Show Do Berbasis Program Pembelajaran Individual (PPI) Terhadap Perubahan Perilaku Menyikat Gigi pada Anak Slow Learner di SDS Al-Azhar Bukittinggi. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah quasy experimental dengan disain one group pre test dan post test design. Sampel penelitian ini adalah anak slow learner kelas 4-6 SDS Al-Azhar Bukittinggi yang berjumlah 32 orang. Analisis data menggunakan uji statistik paired McNemar. Hasil : Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara sebelum dan setelah penyuluhan yang dilihat dari signifikansi perubahan domain- domain perilaku yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Penyuluhan dengan Metode Tell Show Do Berbasis Program Pembelajaran Individual (PPI) berpengaruh secara bermakna terhadap perubahan perilaku menyikat gigi anak Slow Learner di SDS Al-Azhar Bukittinggi. Kesimpulan : Terdapat Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Tell Show Do Berbasis Program Pembelajaran Individual (PPI) Terhadap Perubahan Perilaku Menyikat Gigi pada Anak Slow Learner di SDS Al-Azhar Bukittinggi. Kata kunci : Penyuluhan, Tell Show Do, PPI, Perubahan Perilaku, Slow learner