PERILAKU KOMUNIKASI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik )

Main Author: Dilla, Angraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/33330/1/1%20Cover%20dan%20Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33330/2/2%20BAB%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33330/3/3%20BAB%20akhir.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33330/4/4%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33330/5/5%20Full.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33330/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PERILAKU KOMUNIKASI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas) OLEH: DILLA ANGRAINI 1310862011 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si M.A Dalmenda, M.Si Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas merupakan tenaga penunjang akademik yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan di Universitas Andalas. Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas administrasi dikampus penentunya adalah komunikasi yang efektif. Proses komunikasi tentu saja ditemukan hambatan atau gangguan yang terjadi antara tenaga kependidikan dengan mahasiswa. Penelitian ini mendeskripsikan perilaku komunikasi tenaga kependidikan dalam pelayanan mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas andalas serta mengetahui hambatan atau gangguan komunikasi. Memahami perilaku komunikasi tenaga kependidikan tersebut, maka peneliti menganalisis menggunakan Teori interaksionisme Simbolik yang dikemukanan oleh George Herbert Mead dengan tiga pokok pemikiran utama, yaitu Self, Mind, dan Society, serta menganalisis perilaku komunikasi melalui komunikasi verbal dan non verbal tenaga kependidikan dalam pelayanan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data delakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pelayanan tenaga kependidikan menggunakan pesan verbal dan non verbal. Dari segi komunikasi verbal tenaga kependidikan umumnya menggunakan bahasa indonesia dan beberapa bahasa daerah. Selain itu, dari segi komunikasi non verbal tenaga kependidikan menggunakan nada suara, isyarat dan gerakan tubuh, artifak, ekspresi wajah, proksemik dan tempat pribadi dalam pelayanan. Secara umum mahasiswa di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas lebih senang dengan tenaga kependidikan yang berinteraksi dengan ramah. Sementara hambatan atau gangguan komunikasi adalah perbedaan makna pesan antara tenaga kependidikan dengan mahasiswa. Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Verbal, Non Verbal, Hambatan Komunikasi, Tenaga Kependidikan