ANALISIS FRAMING PADA BERITA KASUS PENODAAN AGAMA OLEH BASUKI TJAHAJA PURNAMA DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID

Main Author: Firmansyah, Yedico Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/33113/6/COVER%20ABSTRAK%20UPLOAD.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33113/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33113/3/BAB%20V.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33113/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33113/5/TUGAS%20AKHIR.pdf
http://scholar.unand.ac.id/33113/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Analisis Framing Pada Berita Kasus Penodaan Agama Oleh Basuki Tjahaja di Media Online Kompas.co dan Republika.co.id Oleh FIRMANSYAH YEDICO PUTRA 1310861013 Pembimbing : Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Rinaldi,M.Ikom Pernyataan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kunjungan kerjanya di Kepulauan Seribu dengan mengutip salah satu ayat dari surat Al-Maidah menimbulkan kontroversi sehingga menyeretnya ke ranah hukum. Hal ini membuat media massa mengangkat pemberitaannya ke ranah publik nasional. Media online yang menyediakan rubrik khusus untuk pemberitaan ini adalah Kompas.com dan Republika.co.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengkonstruksian realitas kasus penodaan agama oleh Ahok antara Kompas.com dan Republika.co.id dan untuk mengetahui bentuk framing pemberitaan yang dilakukan oleh kedua media tersebut dalam pemberitaan kasus penodaan agama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan teks. Data penelitian ini adalah berita mengenai kasus penodaan agama yang dimuat di Kompas.com dan Republika.co.id. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing dengan pendekatan model Entman, Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dan teori hegemoni Antonio Gramsci. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bentuk pengkonstruksian realitas kasus penodaan agama antara Kompas.com dan Republika.co.id. Bentuk framing pemberitaan yang dilakukan kedua media ini dalam pemberitaan kasus penodaan agama dengan cara antara lain pemilihan lead, headline, sumber berita, kalimat dan kalimat penghubung serta pemilihan gambar yang mendukung framing pemberitaan. Kepentingan dan pesan dari media Kompas.com ini terkait beberapa pemberitaan kasus penodaan agama adalah lebih cenderung melihat dari sisi sosial. Sedangkan Republika.co.id lebih cenderung melihat dari sisi agama. Perbedaan pemberitaan yang dilakukan oleh kedua media tersebut dikarenakan oleh kepentingan, visi dan misi kedua media tersebut. Sikap perbedaan tersebut dilakukan melalui filter berita-berita yang dilakukan oleh wartawan dan pemilik media. Kata Kunci : Penodaan, Agama, framing media, berita, Jakarta, Kompas, Republika