Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Padang

Main Author: Syafia, Zulfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/32039/1/COVER%20ABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/32039/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/32039/3/BAB%20V.pdf
http://scholar.unand.ac.id/32039/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/32039/5/TUGAS%20AKHIR%20FULL.pdf
http://scholar.unand.ac.id/32039/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen sayuran hidroponik di Kota Padang dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran hidroponik di Kota Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuisoner. Konsumen yang dijadikan responden ditentukan secara aksidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, mayoritas responden sayuran hidroponik adalah wanita, berumur 30 sampai 34 tahun tahun, yang memiliki pendidikan terakhir Sarjana, dan memiliki pendapatan lebih besar dari Rp. 1.500.000. Sebagian besar responden yang membeli sayuran hidroponik adalah konsumen yang sudah melakukan pembelian sayuran hidroponik lebih dari satu kali. Berdasarkan model penelitian yang telah dilakukan didapatkan Nilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,786. Hasil uji variabel secara individu faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian sayuran hirponik adalah faktor kebudayaan dan faktor psikologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan 0,081. Sementara faktor sosial dan pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik. Adapun saran yang dapat diberikan adalah kepada produsen diharapkan untuk memperluas pemasaran sayuran hidroponik di lokasi penjualan agar dapat memenuhi permintaan konsumen dan bagi peneliti yang tertarik melakukan penelitian mengenai sayuran hidroponik, disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Sayuran, Hidroponik.