INDONESIAN - ENGLISH CODE MIXING IN THE FOOD AND DRINK SUBCATEGORY OF ONLINE SHOP OLX INDONESIA ADVERTISEMENTS

Main Author: Nobel, Dillavenna Surya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/31614/1/Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31614/2/CHAPTER%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31614/3/CHAPTER%20IV.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31614/4/BIBLIOGRAPHY.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31614/5/Thesis%20Full.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31614/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penggunaan campur kode (code mixing) di iklan subkategori makanan dan minuman yang ada di online shop OLX Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe-tipe campur kode dan mendeskripsikan fungsi campur kode yang ditemukan di iklan subkategori makanan dan minuman di online shop OLX Indonesia. Pengumpulan data dilakukan selama satu hari pada tanggal 23 Maret 2017. Data dianalisis berdasarkan teori campur kode oleh Muysken (2000) tentang tipe campur kode dan teori Hoffman (1991) dan Saville-Troike (2003) untuk fungsi campur kode. Dari hasil analisis ditemukan 48 data yang mengandung campur kode. Tipe campur kode yang ditemukan di penelitian ini adalah insertion dan congruent lexicalization. Insertion ditemukan sebanyak 32 kali (66,67%) sedangkan congruent lexicalization ditemukan sebnyak 16 kali (33,33%). Kemudian, fungsi campur kode yang ditemukan di iklan adalah talking about particular topic, interjection, repetition used for clarification, dan because of real lexical need. Talking about particular topic ditemukan sebanyak 44 kali (81,26%), interjection ditemukan sebanyak 1 kali (2,08%), repetition used for clarification ditemukan sebanyak 3 kali (6,25%), dan because of real lexical need ditemukan sebanyak 5 kali (10,41%). Kata kunci : code mixing, advertisements, types of code mixing, functions of code mixing.