EFISIENSI PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Main Author: tarmizi, takhir lubis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/31145/1/FILE%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31145/2/FILE%202.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31145/3/FILE%203.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31145/4/FILE%204.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31145/5/FILE%205.pdf
http://scholar.unand.ac.id/31145/
Daftar Isi:
  • EFISIENSI PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL TARMIZI TAKHIR LUBIS dibawah bimbingan Prof. Dr.Ir. H. James Hellyward, MS dan Rahmi Wati, S. Pt, M.Si. Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Program Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2017 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 29 Desember 2016 – 29 Januari 2017 yang bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran peternak ayam broiler yang ada di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Responden penelitian ini adalah peternak, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer dengan menggunakan metode Survey. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan ada 3 saluran pemasaran ayam broiler,yaitu (1) peternak – konsumen (2) peternak – pedagang pengecer - konsumen (3) peternak – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Dari hasil penelitian di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal yang dilakukan, bahwa marjin terbesar di dapat oleh pedagang pengecer di saluran II sebesar Rp. 6.700 dan marjin terkecil di dapat oleh pedagang pengumpul di saluran III sebesar Rp. 2.200. Untuk analisis nilai efisiensi dapat disimpulkan bahwa semua lembaga pemasaran telah efisien (<1), akan tetapi ada lembaga pemasaran yang paling efisien yaitu pedagang pengumpul di saluran III dengan nilai persentase sebesar 0,015. Kata kunci : Ayam Broiler, Saluran, Marjin dan Efisiensi Pemasaran