Perbandingan Kurva Stribeck Antara Pendekatan Tebal Lapisan Film Oleh Hamrock dan Dowson dengan Pendekatan Moes Untuk Analisis Regime Pelumasan Roda Gigi Miring Intermediate Gear 2
Main Author: | Rusdi, Hardianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/30385/25/ABSTRAK.pdf http://scholar.unand.ac.id/30385/26/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/30385/2/BAB%20IV.pdf http://scholar.unand.ac.id/30385/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/30385/4/SKRIPSI%20FULL.pdf http://scholar.unand.ac.id/30385/ |
Daftar Isi:
- Roda gigi berfungsi untuk meneruskan daya dari poros penggerak ke poros yang akan digerakan melalui proses rolling kontak antara dua roda gigi yang berpasangan. Akibat dari pemindahan daya ini akan terjadi tekanan yang sangat besar pada permukaan gigi yang berkontak. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan pada permukaan roda gigi akibat gesekan dan tekanan dipermukaan. Untuk mencegah kegagalan lebih lanjut maka harus diperhatikan sistem pelumasannya. Dalam teknik pelumasan, daerah (regime) pelumasan dapat digambarkan dalam kurva Stribeck. Kurva Stribeck untuk regime pelumasan roda gigi miring intermediate gear 2 telah dimodelkan dalam tulisan ini menggunakan dua pendekatan tebal lapisan film, yaitu pendekatan Hamrock dan Dowson dan juga pendekatan Moes. Pemodelan dilakukan dengan cara menghitung koefisien gesek pada variasi-variasi kecepatan tertentu sehingga mendapatkan sebuah kurva logaritmik perbandingan kecepatan dengan koefisien gesek. Selain itu dimodelkan juga kurva Stribeck dengan variasi kekentalan pelumas, kekasaran permukaan dan pembebanan untuk kedua pendekatan tebal lapisan film. Perhitungan-perhitungan yang dilakukan selama pemodelan kurva Stribeck diprogramkan menggunakan software Maple 15. Hasil dari pemodelan ini menunjukan bahwa kurva Stribeck yang dimodelkan dengan pendekatan Hamrock dan Dowson terlihat hampir sama dengan kurva Stribeck yang dimodelkan dengan pendekatan Moes. Selain itu dari variasi yang dilakukan dapat juga diperhatikan pengaruh viskositas, kekasaran permukaan dan pembebanan terhadap kurva Stribeck. Kata kunci : roda gigi miring, mixed lubrication, Hamrock dan Dowson, Moes, kurva Stribeck