FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA STIE SAKTI ALAM KERINCI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2017

Main Author: Asmelya, Eka Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/30133/1/COVER%20%20%26%20ABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/30133/2/PENDAHULUAN.pdf
http://scholar.unand.ac.id/30133/3/PENUTUP.pdf
http://scholar.unand.ac.id/30133/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/30133/5/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf
http://scholar.unand.ac.id/30133/
Daftar Isi:
  • FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, 26 September 2017 Asmelya Eka Putri, No. BP. 1311211022 FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA STIE SAKTI ALAM KERINCI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2017 xii + 82 halaman, 30 tabel, 2 gambar, 11 lampiran ABSTRAK Tujuan Perilaku aman berkendara adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara. Sekolah Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci merupakan daerah rawan terhadap kecelakaan lalu lintas yang berada dipusat kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara pada mahasiwa STIE-SAK Kabupaten Kerinci tahun 2017. Metode Desain penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi semua siswa di Kabupaten STIE-SAK Kerinci yang membawa sepeda motor ke area kampus dengan sampel adalah 100 responden. Sampel diambil dari 3 jurusan yang berbeda menggunakan proposional random sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan uji Chi-Square dan regresi logistik dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan (p=0,028), Sikap (p=0,012), dukungan keluarga (p=0,001) merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara . Sedangkan persepsi (p=0,299), Jenis kelamin (p=0,642), Kondisi kendaraan (p=0,764), Kepemilikan SIM C (p=0,341) bukan merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara. Hasil analisis multivariat menunjukkan variabel yang paling dominan berhubungan dengan perilaku aman berkendara yaitu dukungan keluarga (POR = 4,1). Kesimpulan Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan perilaku aman berkendara. Diharapkan kerjasama antara pihak akademis dengan satuan kepolisian untuk mengatur kegiatan, promosi dan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman tentang penerapan keselamatan berkendara serta dukungan keluarga dalam meningkatkan pengawasan kepada anak agar dapat berperilaku aman dalam berkendara. Daftar Pustaka : 41 (1992 – 2016) Kata Kunci : Perilaku, Mahasiswa, Safety Riding